Tuesday 23 May 2017

MOTIVASI IBADAH SEORANG HAMBA


Dalam menjalankan ketaatan kepada sang Kholiq seorang hamba sejatinya memiliki motivasi dalam beribadah. Dalam hal ini Ibnu Sina sebagai ulama sekaligus ilmuan terkemuka membagi ragam motivasi seorang manusia dalam beribadah.

  1. Orang yang beribadah karena semata mata takut kepada Api Neraka. Pada tipe ini biasanya seorang dalam beribadah selalu berharap sesuatu, berupa sanjungan atau pujian, perhatian bahkan imbalan berupa materi. Karena rasa yg dimiliki saat dirinya sering beribadah adalah dia sudah terbebas dari api Neraka.
  2. Orang yang beribadah semata mata hanya karena berharap Syurga, biasanya tipe seperti ini hanya berkutat pada rutinitas dan formalitas dalam beribadah karena hanya berorientasi mendapatkan Syurga.
  3. Orang yang beribadah semata mata ingin menggapai rahmat dan ridho Allah Swt. Dan tipe inilah yang diharapkan dalam melaksanakan ketaatan kepada Allah Swt.
Demikian kiranya tipe motivasi ibadah seorang hamba. Jika kembali kepada diri kita. Tipe yang manakah yang senantiasa terpatri dalam rasa dan diamalkan dalam perbuatan kita sehari-hari.

Wallahu a'lam