Tuesday 23 May 2017

KEUTAMAAN UMAT ISLAM

Umat Islam adalah umat terbaik yang dikeluarkan kepada manusia. Mereka diperintah untuk menyuruh perbuatan yang baik dan dicintai Allah Swt serta melarang perkara yang dibenci oleh-Nya. Dari sebagian keutamaan Umat Islam adalah mereka sebagai pembimbing dan penegak keadilan. Mari kita simak hadis Qudsi berikut :

حدثنا ابو سعيد الخدرى رضى الله عنه أنه سمع رسول الله صلى الله عليه وسلم يقول : يدعى نوح عليه الصلاه والسلام يوم القيامة فيقول: لبيك وسعديك يا رب، فيقول الله : هل بلغت؟ فيقول: نعم يا رب فيقال ﻷمته :هل بلغكم؟فيقولون: ماأتانامن نذير فيقول: من يشهدلك؟ فيقول: محمد صلى الله عليه وسلم وامته، قال:فيشهدون انه قد بلغ ويكون الرسول عليهم شهيدا وذلك قول الله: وكذلك جعلناكم امة وسطا لتكونوا شهداء على الناس، قال: الوسط: العدل

"Abu Sa'id Al-Khudri r.a. menceritakan kepada kita bahwa ia mendengan Rasulullah Saw. Bersabda, "pada hari kiamat Nuh akan dipanggil. Dia menjawab, "Wahai Tuhanku, aku tunduk pada panggilan-Mu!' Allah berfirman, 'Sudahkah engkau sampaikan ajaran agama kepada ummatmu?' Dia menjawab,'sudah, wahai Tuhanku!' Maka, ditanyakan kepada ummatnya, 'Apakah Nuh menyampaikan ajaran kepada kalian?' Mereka menjawab,' "kami tidak pernah didatangi oleh orang yang mengingatkan kami. 
"Allah bertanya, "Siapa yang menjadi saksimu wahai Nuh?' Nuh menjawab, "Muhammad dan Ummatnya."maka, ummat Muhammad ini akan memberikan kesaksian bahwa Nuh telah menyampaikan ajarannya kepada ummatnya. Rasulullah Saw. Pun kata said, akan menjadj saksi bagi mereka. Hal ini sebagaimana disebutkan dalam firman Allah Swt: "Dan begitulah kami jadikan kaliat ummat yang adil supaya kalian jadi saksi terhadap manusia dan Rasulullah menjadi saksi terhadap kalian." (QS.Al-Baqarah [2]: 143)

Umat Islam adalah umat terbaik. Berupayalah untuk mengangkat derajatnya dan memperkukuh agamanya. Sebagian keutamaan umat Islam dikisahkan Abu Darda r.a bahwa:

Rasulullah Saw bersabda. "Allah Swt berfirman kepada Isa, "Wahai Isa.! Aku akan mengutus sebuah umat setelahmu. Apabila mereka tertimpa oleh sesuatu yang menyenangkan, mereka memuji dan bersyukur kepada-Ku. Dan, apabila mereka ditimpa sesuatu yang tidak menyenangkan, mereka tabah dan bersabar. Padahal, mereka tidak pintar dan berilmu. Isa bertanya, 'Mengapa demikian?'Allah berfirman,"Sebab, Aku memberikan sebagian ilmu dan kepintaran kepada mereka""

Sahabatku, ingatlah isi hadits ini mengajak kepada kita agar merasa bangga menjadi umat Islam. Karena hanya Islam satu satunya agama yang dicintai dan diridhoi Allah.Swt

Wallahu'alam