Tuesday 23 May 2017

TAWADHU KARENA ALLAH SWT AKAN DIANGKAT DERAJAT

Agama kita menyuruh kita supaya rendah hati (tawadhu) kepada manusia dan tidak boleh takabur kepada mereka. Di dalam agama Islam terkandung ajaran kesetaraan sesama manusia. Semua manusia adalah hamba Allah Swt.

Orang takabur adalah orang yang merasa dirinya berada di atas orang lain. Ia suka menghina sebagian manusia. Orang takabur akan dihinakan oleh Allah Swt di dunia dan akhirat. Mari kita simak hadis qudsi berikut. Umar bin Khatab meriwayatkan bahwa ;

ان رسول الله صلى الله عليه وسلم قال:يقول الله تبارك وتعالى من تواضع لى هكذا رفعته هكذا

" Rasulullah Saw, bersabda, :" Allah Tabaraka Wata'ala berfirman,"Barang siapa rendah hati karena-Ku seperti ini, Aku akan mengangkat derajatnya seperti ini".

Ketika menyabdakan hadits ini, Rasulullah Saw memberi isyarat dengan tangan kanannya, yaitu menjadikan letak telapak tangannya ke tanah sedangkan pungguhnya ke atas. Lalu, ketika mengucapkan, "Aku akan mengangkat derajatnya seperti ini," beliau mengangkat telapak tangannya ke atas dan mengangkat ke arah langit.

Tawadhu mengajak kita untuk bersikap lemah lembut dan menunjukkan kita pada persamaan. Selain itu, tawadhu menuntun kita untuk menjauhi sikap sombong. Rasulullah Saw, pernah bersabda,"Allah Swt memberikan wahyu kepadaku agar kalian rendah hati (tawadhu). Sehingga, tidak ada seorangpun yang sombong kepada yang lain dan tidak bersikap semena-mena kepada yang lain.

Sahabatku...
Meski sulit bersikap tawadhu, janganlah pernah bosan untuk berlatih menguasainya.

Wallahu'alam..