Monday 29 October 2012

Solusi Pasang Surut Membaca Al-Qur'an

Ahmad Suaidi Ibnu Utsman H.Madsira
Iman seseorang  diibaratkan lautan, kadang pasang dan kadang surut. Begitu juga kebersamaan bersama Al-Qur'an, dalam membaca Al-Qur'an aku juga tidak dapat membohongi diri sendiri, bahwa kelemahan yang ada pada diriku yaitu masih pasang dan surut dalam membaca Al-Qur'an.  Ketika pekerjaanku sedikit, intensitas membaca Al-Qur'an aku pun semakin sering, akan tetapi ketika pekerjaan aku numpuk ditambah kegiatan kemasyarakatan yang padat disitulah intensitas membaca Al-Qur'anku berkurang. Meskipun demikian aku masih beruntung karena aku sudah memiliki sedkit hafalan dari Ayat Al-Qur'an, jadi meskipun aku tidak membuka Al-Qur'an sering kali aku membaca hafalanku disela-sela pekerjaanku. Sahabat para pembaca tulisan ini, inilah salah satu solusi yang kerap aku lakukan ketika aku tidak sempat membuka Al-Qur'an untuk membacanya yaitu menghafal ayat-ayat dari Al-Qur'an.

Dengan menghafal Al-Qur'an kita akan terlepas dari kesulitan mengatur waktu untuk membaca Al-Qur'an. Karena dengan menghafal Al-Qur'an kita dapat membaca dimana dan kapan saja sesuai dengan keberadaan kita. Ketika pasang surut dalam membaca Al-qur'an terjadi kita sudah bisa mensiasatinya. Lebih dari itu kita akan selalu merasa dekat kepada Allah SWT, jiwa akan teraasa ramai,, tenang, dan nyaman meskipun fisik sedang bekerja....Wallahu 'alam.....

SELAMAT MENCOBA....